Kamis, 12 Februari 2009

Profil Norick Abe


Lahir pada tanggal 7 September 1975,
Tahun 1993, di umur 18 tahun menjadi juara balap motor 500 cc di Jepang.
Di tahun 1994 masuk dalam kejuaraan dunia motor Grand Prix 500 cc, ikut dalam kejuaraan motor GP sampai tahun 2004, dalam periode itu 3 kali mendapatkan juara 1 dan 17 kali naik podium.
Di tahun 2005 sampai dengan 2006 mengikuti kejuaraan balap motor Super Bike, dan di tahun 2007 kembali ke Jepang dan mengikuti kejuaraan di jepang.
Tapi apa daya kehendak yang kuasa seorang Abe yang gagah perkasa di atas jalan res, harus meninggal saat mengendarai motor biasa di jalan raya. Selamat jalan Satriaku Norick Abe.
Jepang menangis lagi setelah di tinggalkan pembalap motor GP 500 cc, kesayanggan mereka yaitu Norick Abe. Yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas saat mengendarain motor di daerah Kawasaki, prefektur Kanagawa Jepang. Pada tanggal 7-10-2007 , meninggaldi umurnya yang ke32 tahun.
Hari minggu 07 Oktober 2007 merupakan hari sial bagi Norick Abe. Setelah mengalami kecelakaan sepedamotor menabrak truk di kota Kawasaki, Kanagawa Prefecture, Jepang.
Asahi Shimbun menyebutkan menurut polisi setempat kecelakaaan tersebut berawal dari kecerobohan supir truk yang berbalik arah di sebuah putaran yang sebenarnya tidak diperbolehkan. Dari arah belakang kanan truk, Abe memacu motornya skuter matik 500cc. Alhasil, tabrakan tak dapat dihindari. Abe seketika itu juga, dibawa ke rumah sakit setempat. Namun dikarenakan lukanya sangat parah, membuat nyawanya tak tertolong lagi.
Norick Abe merupakan pembalap terbaik dari Jepang di masanya. Seperti pembalap Jepang lainnya, awal karirnya di perhelatan internasional adalah sebagai wild card. Di tahun 1994 dia tampil menawan.
Di usia 19 tahun, dia mencetak rekor dengan meraih podium MotoGP tertinggi kelas 500 cc bersama tim Yamaha KR di sirkuit Suzuka. Hingga julukan Kingu Suzuka atau Raja Suzuka begitu lekat dengan dirinya.
Tahun 1999 Abe bergabung dengan tim Yamaha D’Antin. Tim ini begitu disegani layaknya tim pabrikan. Sayang prestasi tim D’Antin tidak secemerlang di kala masih dibela Abe saat ini.
Abe memiliki gaya membalap yang unik. Di kala menikung pada umumnya pembalap memposisikan badannya sesuai dengan tikungan, tapi Abe tidak. Dia malah berusaha untuk tetap tegap. Abe benar-benar menjadi inspirasi bagi anak muda. Tak terkecuali, Valentino Rossi yang saat itu masih bermain di kelas 125 cc. Sosok yang ramah terhadap fans adalah awal Rossi menyukainya. Kemudian rambut lurus panjangnya, malah di suatu ketika Rossi begitu menginjak podium puncak dia sengaja memakai wig ala Norick Abe.
Hingga di kala masih berada di kelas capung, Rossi menjuluki dirinya dengan Rossifumi.
Berikut ini adalah hal yang unik tentang Abe :
Norifumi Abe menjadi Norick Abe dikarenakan agar lebih mudah diucapkan oleh orang Barat. Penggantian nama pernah juga dilakukan oleh mendiang pembalap Jepang lainnya, Daijiro Katoh ketika naik kelas ke GP 500 menjadi Daijiro Kato.
Abe sempat tidak turun balap di tahun 2003 dikarenakan tidak kebagian tim. Saat itu posisinya di tim Yamaha D’Antin digantikan oleh Shinya Nakano. Sedangkan nomer start keramat Abe yaitu nomer 6 diambil oleh pembalap Jepang lainnya, Makoto Tamada. Uniknya jenis hurufnya sama.
Akhirnya Rossi dan Abe berada dalam satu tim di Yamaha tahun 2004, sama grafis (Gauloises) meski beda tim. Rossi di tim factory, sedangkan Abe di tim satelit.
Rekan setim Abe saat itu (2004), Marco Melandri sangat membenci gaya rambut cepak dan berdirinya yang dimulai di tahun 2002. Posisi keduanya di klasemen akhir keluar dari 10 besar.
Tahun 2005 dan 2006 hijrah ke WSBK membela panji Yamaha France. Posisinya tidak berbeda dengan MotoGP. Terlempar dari 10 besar
Tahun 2007 bermain di even lokal sembari memberikan coaching clinic kepada pembalap muda Jepang.
Bagaimanapun, Norick Abe adalah seorang legenda balap MotoGP yang namanya begitu lekat dengan Garpu Tala yang low profile, namun tangguh di trek balap. Sekarang pembalap Jepang itu tinggal kenangan. Sayonara Abe .
Kemarin hari Minggu tanggal 9 Desember 2007, Tim Yamaha yang menjadi sponsor Norick Abe mengadakan acara mengenang Abe, acara ini di adakan di Odaiba Tokyo Jepang. Yang mana acara ini banyak di datangi oleh penggemar Abe dari segala penjuru, begitu banyak karangan bunga yang datang tak kalah hebatnya banyak pan yang menangis saat pemutaran cuplikan beberapa gambar Abe yang di tayangkan mengunakan sekerin TV yang berukuran besar. Acara ini juga memajang beberapa motor Yamaha yang di kendarai oleh Abe selama mengikuti kejuaraan balap motor, dan tak ketinggalan mobil yang biasa di kendarai oleh Abe sebuah mobil Ferari, dan banyak hal lain yang di lihatkan untuk umum. Dan tak ketinggalan di jualnya pernak pernik yang mengambarkan Norick abe sebagai kenang kenangan. 

2 komentar:

joe mengatakan...

Norick Abe ki anake Mpok Nori ya?

Mbah Koeng mengatakan...

sak karepmu leh mu ngomong Mr...??!!!